Mengelola Blog bersama Mr. Bams

 

Belajar Menulis Gelombang 16

Resume 6 :

Waktu       : Jumat, 16 Oktober 2020
Pukul        : 19.00 - 20.00 WIB
Pemateri   : Bambang Purwanto 
Materi       : Cara Mengelola Blog


        Bambang Purwanto dan Aam Nurhasanah merupakan pemateri dan moderator pada pelatihan malam ini. Untuk moderatornya sudah cukup saya kenali, karena sudah beberapa kali menjadi moderator dalam kelas menulis gelombang 16 ini. Beliau adalah seseorang yang memiliki semangat yang tinggi dalam menulis. Sedangkan untuk pemateri kali ini. 

        Beliau merupakan bapak Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. Di sekolah SMP Taruna Bakti beliau dikenal dengan sebutan Mr. Bams.  Sedangkan saat beliau menjadi seorang pendongeng beliau lebih dikenal dengan sebutan ayah Salwa. 

        Beliau merupakan seorang yang memiliki prestasi hebat. Begitu banyak prestasi dan penghargaan yang telah beliau raih. Beliau juga aktif dalam mengelola blog dan memberikan pelatihan dalam pengelolaan blog. Agar lebih mengenal beliau silahkan kunjungi profil beliau berikut ini: profil Mr. Bams.

Beberapa prestasi yang diraih oleh Mr. Bams

         Materi yang beliau bagikan malam ini sangat menarik yaitu kiat-kiat dalam mengelola blog. Bagi seorang yang hobby menulis, blog merupakan salah satu wadah yang tepat dalam mempublikasikan tulisan-tulisan yang telah dibuat. 

        Apalagi bagi seorang penulis pemula, blog menjadi salah satu wadah yang dapat digunakan dalam belajar menulis. Kita dapat menceritakan setiap kejadian yang dialami dan mempostingnya ke dalam blog, sehingga suatu saat akan menjadi terbiasa dalam menulis. Hingga akhirnya menulis menjadi suatu kebutuhan bagi kita.

kiat-kiat dalam mengelola blog 

        Banyak yang merasa bahwa mengelola blog, wordpress ataupun blogger itu susah. sebenarnya pengelolaannya tidaklah susah, asalkan ada kemauan untuk belajar itu semua bisa dikalahkan. Beliau sendiri sudah membuktikannya, setiap beliau aktif dalam suatu organisasi beliau membuat blog dan mengelola blog tersebut. 

        Banyak blog yang telah beliau kelola sendiri, dan menurut beliau semuanya tidak susah. Bahkan beliau juga memberikan pelatihan pengelolaan blog, ada yang berbayar dan ada pula kelas gratis. Kunci dalam pengelolaan blog yaitu tekun, apabila kita tekun dalam menulis dan mempostingnya dalam blog maka blog kita jadi lebih menarik dan menarik banyak pengunjung. 

        Mr. Bams mengatakan bahwa dalam mengelola blog kita juga dapat belajar melalui you tube. Banyak konten-konten yang tersedia dalam you tube jika kita ingin belajar mengelola blog. Dimulai dari cara agar blog terlihat menarik dan berwarna, bagaimana tulisan-tulisan yang menarik minat pengunjung untuk mengunjungi blog kita semua sudah tersedia. 

        Selain itu, kita juga bisa bergabung dengan komunitas, agar bisa saling berbagi dalam memperbaiki dan mengelola blog kita.  Dalam komunitas kita juga bisa saling memberikan saran dan kritikan tentang tulisan yang telah diposting. Sehingga tulisan kita semakin terarah, dan semakin menarik untuk dibaca.

          Dalam penyajian materi tentang pengelolaan blog Mr. Bams juga menyelipkan materi mengenai kalimat bahagia. Yang dimaksud kalimat bahagia adalah kalimat-kalimat yang memberikan motivasi pada setiap orang untuk selalu bahagia dan semangat dalam belajar ataupun dalam menggapai impian. 

        Bagi sebagian orang kalimat bahagia juga dikenal dengan quote, namun beliau lebih senang menamainya dengan kalimat bahagia. Sebab, dengan melihat judulnya saja sudah bahagia, apalagi membaca sepenuhnya. Tentulah akan menjadi penyemangat tersendiri bagi seseorang. Berikut beberapa kalimat bahagia yang diberikan oleh Mr. Bams, dapat diakses melalui link 👉: .http://penamrbams.id/category/kalimat-bahagia-mr-bams/

            Dari kalimat bahagia tersebut beliau mampu memberikan semangat pada setiap orang untuk terus menulis. Bahkan beliau juga merupakan salah satu pegiat gerakan literasi. Beliau aktif dalam menggerakkan setiap siswa ataupun orang lain untuk selalu membaca dan menulis.

         Beliau aktif di setiap gerakan literasi, baik di sekolah, masyarakat, dan keluarga. Cara beliau dalam menggerakkan gerakan literasi yaitu dengan berbagi kata semangat dan kalimat bahagia yang rutin beliau berikan setiap seminggu sekali. Dengan pemberian kalimat tersebut akan menjadi lebih terbiasa dalam menulis dan semakin menarik minat membaca. Dengan rajin membaca maka akan meningkatkan keterampilan menulis.

Beberapa kegiatan literasi 

       Beberapa hal yang dapat saya simpulkan mengenai materi yang telah disajikan oleh Mr. Bams dalam mengelola blog.

1. Tumbuhkan Semangat Mau belajar 

Jika kita memiliki semangat untuk belajar, maka ini merupakan modal awal kita menjadi orang yang sukses, semuanya diawali dengan Niat dari dalam diri kita sendiri. Jika niat itu sudah muncul maka semuanya akan menjadi lebih mudah untuk diraih.

2. Tekun dan Rajin Berlatih

Saat kamu sudah menumbuhkan niat untuk belajar, maka tekunlah dalam berlatih. Jika kamu tekun dalam berlatih maka akan semakin mengasah kemampuanmu dalam menulis dan mengelola blog, sehingga blog kamu dinikmati oleh banyak pengunjung.

3. Jangan Cepat Puas

Jangan pernah cepat puas dengan hasil yang sudah kamu dapatkan, selalu upgrade kemampuanmu. Jangan lengah dengan hasil yang sesaat. Sebab jika kamu merasa sudah puas, kamu akan semakin malas untuk meningkatkan kompetensimu. Hingga akhirnya apa yang sudah kamu raih akan jadi sia-sia.

4. Konsisten dan sabar

Konsistenlah dalam memposting tulisanmu dalam blog, dengan kamu konsisten, maka kamu akan menjadi terbiasa dalam menulis, hingga menulis menjadi sebuah kebutuhan untuk dirimu. Kemudaian sabar. Kunci sukses seseorang adalah sabar. Saat kamu sabar dalam mengasah keterampilan menulismu, maka kamu akan menjadi seseorang yang sukses.


Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup, begitupula dengan urusan menulis, lakukan dengan suka cita, apapun yang bisa ditulis tulis saja, apalagi sudah punya blog, posting apa saja yang kita suka sehingga blog kita bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung yang ada di dunia ini. (Mario Teduh, Mr. Bams)

 

Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Salam literasi

 

        

        


         

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik menulis bagi pemula

Menulislah setiap hari