Jadi Guru dan Pengusaha, Kenapa Tidak?

 

Belajar Menulis Gelombang 16

Resume 11 :

Waktu       : Rabu, 28 Oktober 2020
Pukul        : 19.00 - 20.00 WIB
Pemateri   : Betti Risnalenni

Materi       : Menjadi seorang Pengusaha


        Seorang guru menjadi pengusaha, kenapa tidak?. Itulah materi pelatihan menulis malam ini. Ibu Betti Risnalenni menjelaskan bahwa sebagai seorang guru kita juga mampu menjadi seorang pengusaha. Kita juga mempunyai peluang besar dalam membuka usaha. Seperti halnya Ibu Betti Risnalenni. Di umur beliau yang sudah tidak muda lagi, beliau tetap semangat dalam membuka usaha. 

      Dengan membuka usaha, beliau mampu memberikan lapangan pekerjaan pada orang lain. Ilmu usaha yang dimiliki beliau, didapatkan dari pelatihan-pelatihan yang beliau ikuti. Awal beliau membuka usaha yaitu beliau membuka kursus Aritmatika. Usaha tersebut beliau mulai pada tahun 1998. Dan sudah mencapai 24 cabang di daerah Bekasi, bahkan juga ada di luar daerah. Sekarang usaha-usaha beliau juga sudah merambat pada bidang kuliner.

        Saat kita membuka usaha, kita dapat menyesuaikan dengan ide dan keinginan kita. Kita mampu membuat situasi kerja yang fleksibel dan nyaman. Namun, yang harus kita perhatikan adalah pembagian waktu. Kita harus mampu dalam membagi waktu antara mengajar dan membuka usaha. Jangan mencampur adukkan kedua profesi tersebut.

        Ketika kita menjadi seorang guru, jadilah seorang guru yang profesional. Bagaimana guru yang profesional itu? yaitu guru yang memiliki empat kompetensi. Kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Sebaliknya, ketika kita buka usaha, maka kita juga harus mampu profesional. Agar usaha yang kita miliki tetap berkembang dan maju.

        Agar usaha yang kita memiliki berhasil, maka bersungguh-sungguhlah dalam mengerjakannya. Lalu iringi dengan doa. Usaha tanpa doa itu sia-sia. Karena rezeki itu datangnya dari Tuhan. Maka mintalah kepada si pemberi rezeki, agar usaha kita lancar.

        Berdasarkan materi yang disampaikan ibu Betti, dapat saya tarik kesimpulan. Jangan membatasi diri kita dengan satu kegiatan saja. Jika kita mampu dengan berbagai kegiatan, maka lakukanlah. Dengan syarat profeional dengan apa yang kita kerjakan, serta bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Lalu sertai dengan doa.


Sekian.

Sampai Bertemu di tulisan berikutnya.

Salam literasi.


Kita semua boleh dan bisa melakukan beberapa pekerjaan. Asalkan mampu mengatunya serta enjoy dalam menjalaninya (Betty Risnalenni)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengelola Blog bersama Mr. Bams

Trik menulis bagi pemula

Menulislah setiap hari