Menulis itu Mudah (Semudah Update Status)

 

Belajar Menulis Gelombang 16

Resume 3 :

Waktu       : Jumat, 9 Oktober 2020
Pukul        : 19.00 - 20.00 WIB
Pemateri   :Dedi Suhendi
Materi       : Menulis Semudah Update Status


       Sama seperti pertemuan sebelumnya, kelas online ketiga ini juga terlewatkan begitu saja. Rasa penasaran ingin ikut bergabung saat diskusi online pun begitu besar. Namun, apalah daya jika keadaan kurang memungkinkan untuk bergabung pada kelas diskusi malam itu. 

        Hujan lebat  disertai angin kencang, tidak memungkinkan saya untuk duduk berlama-lama di depan rumah hanya untuk sekedar mencari sinyal. Sebab ketika  turun hujan, akan sangat sulit mendapatkan sinyal yang baik. Namun, semua itu tidak menyurutkan saya untuk tetap belajar menulis. 

        Saya masih bisa mendapatkan materi ketika pesan tersebut masuk satu persatu dalam wa saya. Saya masih bisa mengejar ketertinggalan mengenai materi yang disampaikan pemateri asalkan saya bersungguh-sungguh ingin melakukannya. Teringat salah satu kata sakti yang saya baca dalam sebuah novel bahwa "Siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil". Jika saya ingin memulai menulis, sudah seharusnya saya bersungguh-sungguh. 

        Maka dengan tekad yang kuat, ketika pagi menjelang saya berangkat lebih awal ke sekolah, dan memanfaatkan WIFI yang ada di sekolah untuk mengejar ketertinggalan saya pada kelas malam itu. Saya mencatat poin-poin penting yang disampaikan oleh pemateri.                Pembelajaran menulis kali ini diawali pemateri dengan menyuguhkan kunci keberhasilan dalam menulis. Kunci keberhasilan seorang penulis adalah menciptakan semangat, motivasi, kemauan, usaha, konsistensi, jangan lupa untuk berdoa memohon kemudahan bimbingan, kesehatan, kecerdasan, serta carilah teman yang menginspirasi. 

        Dari kalimat yang disuguhkan oleh pemateri saya menangkap bahwa jika sungguh ingin menulis, maka bersungguh-sungguhlah. Kuatkan tekad dalam hati bahwa kita ingin menulis. Karena yang bisa memunculkan motivasi dalam diri kita hanyalah kita sendiri. 

        Pemateri juga menyampaikan bahwa menulis itu semudah kamu mengupdate status. Apa yang kamu pikirkan, dan apa yang kamu rasakan, maka tulislah. Bukankah saat kita mengupdate status kita menulis? walaupun hanya satu atau dua kalimat. Namun, itu tetaplah dikatakan menulis. 

        Dari satu dan dua kalimat tersebutlah kamu dapat mengembangkannya menjadi paragraf. Ingat lagi pertemuan pertama kita? Mulailah dengan kata, hingga menjadi kalimat, dan menjadi paragraf. Kamu sudah mulai menulis status dengan satu atau dua kalimat, maka lanjutkan dengan merangkainya. Mulailah dengan tulisan pendek, kemudian kembangkan lagi, kemudian lanjutkan lagi, hingga jadilah sebuah buku tanpa kamu sadari.

        Hal yang harus diperhatikan dalam menulis adalah jangan pernah takut salah, tuliskan semua yang kamu lihat, semua yang kamu dengar, dan semua yang kamu rasakan, dan semua yang kamu pikirkan. Jangan biarkan ketakutan menguasaimu hingga membuatmu takut memulai menulis. 

        "Menulis itu Sederhana" kata Pak Ya' Dedi selaku pemateri. Cukup kamu amati benda yang ada di depanmu, maka deskripsikanlah dengan bahasamu sendiri. Meskipun semua orang mendeskripsikan benda yang sama dengan apa yang kamu amati, maka hasilnya akan tetap berbeda. Itulah yang dinamakan sudut pandang. Sudut pandang yang dimilki setiap orang berbeda-beda, apalagi cara penyampaiannya terhadap sesuatu hal, akan lebih berbeda lagi.

Berikut tips dan trik agar kamu dapat menulis semudah mengupdate status:

1. Ciptakan Semangat dan Motivasi

        Hal yang paling utama dalam menulis itu motivasi dan semangat. Bagaimana bisa memulai menulis jika semangat saja tidak ada? Bisa dipastikan saat menulis lembar kedua sudah berhenti di tengah jalan. Ada banyak cara dalam menimbulkan motivasi menulis dalam diri, salah satunya tentukan tujuan menulis.

       Saat kamu memiliki tujuan dalam menulis, maka kamu akan tergoda untuk menggapainya, kamu akan berusaha untuk meraihnya. Saat itulah motivasi menulismu muncul. Ayo guys, munculkan semangatmu dalam menulis, menulislah agar kamu tidak lupa. Karena menulis salah satu trik jitu dalam menolak lupa. Kenapa seperti itu? Sebab tidak selamanya kita mampu mengingat setiap kejadian yang kita alami, apalagi kejadian yang biasa-biasa saja. Akan tetapi saat kita menulis, itu akan tetap terukir dalam setiap lembar tulisan kita. Jika sewaktu-waktu kita melupakannya, ya tinggal lihat dan baca tulisan kita lagi. 

2. Usaha dan Konsistensi

        Usaha dan konsistensi dalam menulis juga tak kalah penting dalam kegiatan menulis. Jika kamu ingin menulis semudah mengupdate status, maka berusahalah dan tetaplah konsisten. Usaha yang kamu lakukan bisa dengan mengikuti pelatihan-pelatihan menulis, membaca buku untuk menambah wawasanmu mengenai cara menulis yang mudah, ataupun berlatih sendiri mengekspresikan semua pengalamanmu. Semua usaha yang kamu lakukan harus dibarengi dengan konsistensi, jika kamu tidak konsisten dalam berusaha maka semuanya akan sia-sia.  

3. Mencari Teman yang Bisa Menginspirasi

        Dalam menulis kamu membutuhkan teman yang menginspirasimu untuk menulis. Kamu membutuhkan teman yang selalu mondorong dan memberikan semangat padamu agar tetap menulis setiap hari. Seperti halnya dalam grup menulis gelombang 16 yang saya ikuti, ada teman-teman yang selalu menyemangati untuk terus menulis. Membantu dan saling memberikan saran mengenai tulisan yang telah dibuat. Ada Pemateri yang dengan ikhlas memberikan ilmunya pada setiap peserta. Dan yang paling utama ada Om jay yang selalu menyemangati peserta dengan kalimat saktinya "Menulislah setiap hari, dan buktikanlah keajaibannya". Jadi mencari teman itu penting ya. 

4. Berdoa

        Poin yang paling penting dari semuanya adalah doa. Berdoalah agar kamu selalu diberikan kesehatan, kecerdasan,  dan kemudahan dalam setiap urusan. Berdoalah kamu agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menulis. Semua usaha yang telah dilakukan, iringi dengan doa. Agar semua yang kamu lakukan bernilai ibadah di mata Allah SWT, aamiin.

        Poin tambahan dalam menulis semudah mengupdate status adalah pilihlah topik yang sesuai dengan minatmu. Saat kamu menulis sesuai dengan minatmu, maka semuanya akan mengalir seperti air. Contohnya kamu menyukai tanaman bunga, maka tulislah segala sesuatu mengenai bunga. Maka itu akan lebih memudahkanmu dan memotivasimu dalam menulis. 

        Selain itu, tulislah berdasarkan kisah hidupmu, ataupun pengalaman orang di sekitarmu. Kamu bisa menceritakan setiap kisah yang ada dalam hidupmu, dimulai dari hal yang kamu sukai, dan hal paling berkesan untukmu. Topik-topik biasa tersebut jika kamu kemas dengan penuh penghayatan maka akan menghidupkan tulisanmu. Dan akan berdampak pada Pembaca. 

        Jadi teruslah menulis, jangan pernah takut untuk menulis. Bunuhlah ketakutanmu, dan mulailah menulis, menulis itu semudah mengupdate status.

 

Kunci keberhasilan seorang penulis adalah menciptakan semangat, motivasi, kemauan, usaha, konsistensi, jangan lupa untuk berdoa memohon kemudahan bimbingan, kesehatan, kecerdasan, serta carilah teman yang menginspirasi (Dedi Suhendi)


Sampai Jumpa lagi di tulisan berikutnya.

Salam literasi.


 

 

 

 

Komentar

  1. Sesuai dengan judulnya "Menulis itu Mudah (Semudah Update Status)", semudah itu pula resumenya dipahami dan membantu untuk membangkitkan motivasi menulis bagi pemula seperti saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengelola Blog bersama Mr. Bams

Trik menulis bagi pemula

Menulislah setiap hari